4 Alasan Orang Dewasa Tetap Butuh Vaksinasi

  • Whatsapp

vaksin-dewasa
Bayi dan anak-anak merupakan sasaran program vaksinasi pemerintah Indonesia. Setiap polindes atau posyandu di daerah mewajibkan bayi yang lahir untuk mendapatkan vaksinasi wajib sesuai prosedur yang berlaku. Vaksinasi yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia antara lain Hepatitis B, BCG, Polio, Tdap, dan MR. Jika Anda tidak mendapatkan vaksinasi terkait pada masa kanak-kanak, sebaiknya melakukan vaksin dewasa guna mencegah terkena penyakit berbahaya.

Kenapa orang dewasa tetap wajib vaksinasi?

Orang dewasa yang telah berusia lebih dari 18 tahun wajib melakukan vaksin sebagai antibodi yang melawan serangan penyakit. Tak hanya vaksin yang berkaitan dengan program pemerintah, ada pula vaksin anjuran untuk orang dewasa seperti vaksinasi meningitis dan influenza.

Read More

Setidaknya ada 4 faktor yang menyebabkan orang dewasa tetap memerlukan vaksin yaitu :

1. Daya tahan tubuh

Dilansir dari National Geographic Indonesia, daya tahan tubuh orang dewasa cenderung memudar seiring perkembangan usia. Ada beberapa jadwal pemberian vaksin pada orang dewasa yang perlu dilakukan yaitu HPV, hepatitis A, hepatitis B, influenza, meningococcal B, dan pneumococcal conjugate vaccines. Vaksinasi influenza tidak hanya diberikan sekali saja, tetapi bisa diberikan setiap tahun sekali pada bayi mulai usia 6 bulan keatas.

Selain itu, faktor lingkungan sangat mempengaruhi orang dewasa butuh vaksin demi menjaga kesehatan diri dan orang lain. Lingkungan yang kurang kondusif, cuaca ekstrem, paparan polusi dan asap rokok, serta faktor pendukung lain bisa membuat daya tahan tubuh alami penurunan.

2. Stress

Faktor stress bisa memicu penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga gampang tertular virus berbahaya. Dewasa ini, tekanan hidup di era digital membuat orang lebih mudah stress.

Apalagi situasi pandemi yang tidak pasti, penurunan penghasilan atau PHK, keterbatasan aktivitas fisik di luar ruangan, dan hal-hal lain bisa menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami masalah psikis.

3. Asupan gizi

Kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman beralkohol, soda, makanan tidak sehat, junk food, dan lain-lain bisa mempengaruhi sistem imun tubuh Anda. Orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu lebih rentan mengalami masalah komplikasi serius saat kekurangan asupan gizi yang baik.

Misalnya penderita diabetes, penyakit jantung atau kondisi kronis lain harus memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk menjaga sistem imun tetap prima.

4. Gaya hidup

Tidak memungkiri bahwa gaya hidup masyarakat Milenial mulai berubah. Budaya kerja yang padat, kurang olahraga, begadang, dan gaya hidup tidak sehat lain bisa memicu penurunan sistem kekebalan tubuh. Apalagi orang yang berusia lanjut wajib mengikuti program vaksin dewasa untuk menciptakan hidup lebih berkualitas.

Beberapa faktor di atas menjadi alasan kenapa orang dewasa membutuhkan vaksin. Pemahaman keliru masyarakat terkait vaksinasi hanya berlaku pada bayi dan anak-anak harus segera dihilangkan, ya!

Jangan remehkan vaksinasi usia dewasa!

Untuk Anda yang ingin memiliki antibodi kuat terhadap serangan penyakit, sebaiknya mempertimbangkan vaksinasi usia dewasa. Vaksin bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit pada populasi manusia lebih luas.

Pilih program vaksinasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda lewat klinik yang menjadi mitra halodoc sekarang juga. Tetapkan jadwal pelaksanaan vaksin dewasa di tempat yang aman dan kredibel. Anda bisa melakukan janji temu dengan dokter pilihan lewat ponsel pintar saja.

Tidak perlu antri datang ke klinik pada situasi pandemi COVID-19 yang bisa membahayakan kesehatan, Anda bisa datang ke klinik sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Jauh lebih mudah dan praktis, ya! Yuk, cari dokter terbaik di kota Anda lewat fitur halodoc!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *