5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok yang Wajib Anda Coba

  • Whatsapp

5-Cara-Mengatasi-Rambut-Kering-dan-Rontok-yang-Wajib-Anda-CobaRambut kering dan rontok merupakan masalah serius bagi semua orang khususnya wanita. Ya, rambut adalah mahkota wanita yang perlu dijaga guna meningkatkan kepercayaan diri. Ada beberapa penyebab rambut kering dan rontok yang wajib Anda ketahui yaitu terlalu sering keramas, salah pilih sampo dan kondisioner, pengaruh paparan sinar matahari dan lingkungan, terlalu sering menggunakan hair styling, serta masih banyak penyebab lain. Gunakan shampo untuk rambut kering dan rontok agar tidak terjadi kerusakan rambut yang permanen.

Mengatasi rambut kering dan rontok

Menghindari penyebab rambut kering dan rontok merupakan langkah paling solutif. Mencegah kerusakan rambut sejak dini bisa membuat rambut Anda tetap sehat, bebas kusam dan kembali berkilau. Berikut rangkuman mengenai cara mengatasi rambut kering dan rontok yang bisa Anda coba di rumah yaitu :

Read More

1. Jangan terlalu sering keramas

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda seperti berminyak, normal atau kering. Buat Anda yang memiliki masalah rambut kering, jangan terlalu sering keramas. Pasalnya, kebiasaan mencuci rambut yang terlalu sering bisa berdampak pada kerusakan lebih parah. Sebaiknya cuci rambut maksimal 2 kali seminggu untuk menjaga kelembaban alami rambut.

2. Pilih sampo yang tepat

Shampo untuk rambut kering dan rontok wajib Anda pilih agar kesehatan rambut tetap berkilau. Sebaiknya cek komposisi shampo agar Anda tidak salah pilih produk perawatan untuk masalah rambut yang lain. Jenis shampo yang direkomendasikan untuk rambut kering dan rontok adalah shampo yang memiliki kandungan ringan, tidak berbahan sulfat dan tidak mengandung alkohol.

3. Gunakan kondisioner dan masker rambut

Kondisioner wajib Anda oleskan pada rambut setiap usai keramas agar kilau rambut kusam kembali normal. Jangan lupa untuk memakai masker rambut minimal seminggu sekali untuk menjaga rambut tetap sehat dan lembut. Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai masker atau membeli produk masker di pasaran. Pilih produk yang berkualitas yang bisa menjamin kesehatan rambut Anda.

4. Memakai minyak alami atau serum rambut

Guna meminimalisir risiko kerusakan parah akibat rambut yang semakin kering dan rontok, sebaiknya Anda rajin mengoleskan minyak alami pada rambut. Minyak zaitun dan minyak kelapa bisa menjaga kelembaban alami rambut Anda, lho! Jika Anda tidak suka dengan aroma minyak kelapa, bisa mengoleskan produk serum rambut yang bisa menutrisi rambut hingga ke bagian ujung.

5. Memberikan perlindungan dan perawatan yang maksimal

Cara mengatasi masalah rambut kering dan rontok tidak lepas dari perawatan yang Anda berikan. Lakukan perlindungan pada rambut dengan rajin memakai topi atau tudung kepala saat beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, Anda harus rajin mengkonsumsi makanan sehat guna mendukung pertumbuhan akar dan menjaga kelembaban alami rambut. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat seperti rajin olahraga, cukup tidur, minum air putih, dan bebaskan diri dari stress. Stress merupakan penyebab utama kerusakan rambut sehingga Anda wajib mengelola stress dengan baik agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Beberapa tips mengatasi rambut kering dan rontok bisa Anda coba agar bisa memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Pilih produk shampo untuk rambut kering dan rontok yang telah terbukti berkualitas, ya! Jika Anda sudah menerapkan tips mengatasi rambut kering dan rontok namun masalah kerusakan tak kunjung membaik, segera konsultasi dengan dokter terkait untuk mengetahui penyebab dan solusi. Kerusakan rambut yang parah perlu penanganan serius dari ahli dermatologi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *