5 Game Seru Agar Anak Tidak Bosan di Rumah

  • Whatsapp

Tidak ada sekolah maupun bermain bebas di luar rumah membuat anak merasa bosan dan bisa mempengaruhi kesehatannya. Oleh sebab itu, orangtua harus bijak memilih permainan untuk anak yang dapat dimainkan di rumah saja.

Read More

Jika anak dibiarkan di rumah saja tanpa melakukan kegiatan apa-apa akan membuatnya bosan sehingga pertumbuhannya juga akan terkendala, bahkan bisa membuatnya menjadi pasif. Di sini peran orangtua untuk mengajak anak tetap aktif meskipun tidak bermain di luar rumah.

Permainan Seru di Rumah Bersama Anak

Bermain adalah dunia anak sehingga ketika Anda mengajaknya untuk bermain akan memberinya kesenangan. Namun, tidak boleh sembarangan memilih permainan untuk si kecil, pastikan permainan tersebut membantu anak meningkatkan fisik, motorik, juga mood anak. Berikut beberapa permainan dapat Anda pilih:

1. Tebak Kata

Permainan ini memang terlihat simpel, tapi efeknya besar bagi anak karena membantu anak mengenal kata. Sangat cocok dimainkan bersama si kecil yang berada di usia sekolah. Bermain kata bisa dilakukan dengan lisan, tulisan, atau tebak-tebakan.

Misalnya, Anda menuliskan nama-nama hewan di kertas lalu melipat atau menggulungnya, kemudian kertas dipilih secara acak dan orang yang mendapatkannya harus memperagakan hewan yang tulisannya ada di kertas tersebut. Permainan ini juga membantu anak meningkatkan imajinasinya.

2. Puzzle

Permainan untuk anak yang satu ini biasanya tidak meninggalkan keributan sehingga bisa dimainkan bersama si kecil saat ada anggota keluarga lain yang bekerja atau sekolah dari rumah.

Anda perlu membelikan seperangkat permainan puzzle atau lebih agar bisa berganti-ganti gambar. Pilih puzzle besar terlebih dahulu, lalu belikan yang lebih kecil kemudian. Jadi anak belajar bertahap. Dengan memainkan puzzle akan membantu anak meningkatkan ketelitian dan kesabarannya.

3. Bermain Perang-perangan dan Membuat Benteng

Jika anak lebih suka kegiatan yang aktif Anda bisa mengajaknya memainkan permainan perang-perangan dan membuat benteng. Selain, membuat si kecil bergerak aktif permainan ini juga membantu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak ketika dia membangun benteng dari berbagai benda misalnya bantal, guling, kardus, mainan atau kursi plastik.

Permainan ini sangat sederhana dan bisa dimainkan memanfaatkan berbagai benda. Anak akan belajar membuat pertahanan diri dan meningkatkan imajinasinya. Selain itu, permainan ini tidak akan membuatnya merasa cepat bosan.

4. Mencari Harta Karun

Ingin kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarga, Anda bisa menyiapkan game perburuan harta karun. Permainan ini memang membutuhkan persiapan waktu, tapi akan sangat menantang si kecil.

Anda bisa meminta bantuan anak yang lebih besar sebagai pemberi clue sehingga mempererat hubungan antar anggota keluarga. Permainan ini akan meningkatkan kemampuan observasi dan penanganan masalah bagi si kecil. Jangan lupa berikan harta karun berupa benda yang disukai si kecil, bisa mainan atau makanan kesukaannya.

5. Main Kartu Uno

Masih ingat keseruan main kartu Uno? Anda juga bisa menularkan keseruan ini pada si kecil. Permainan ini akan membantu anak mengenal angka dan warna sehingga dia bermain sambil belajar. Selain itu, anak juga akan belajar menggunakan strategi dan problem solving.

Bagaimana rekomendasi permainan di atas? Adakah yang akan Anda coba mainkan di rumah? Pastikan saat memilih permainan untuk anak menyesuaikan dengan usianya sehingga tepat dan membuat si kecil merasa senang. Jangan lupa, tetap berikan nutrisi seimbang bagi buah hati Anda sehingga kesehatannya tetap terjaga. Segelas susu akan membantu meningkatkan semangat dan menjaga nutrisi si kecil.

 

Sumber:

1. https://www.pikiran-rakyat.com/belia/pr-01356097/5-permainan-yang-bisa-dimainkan-di-rumah-bersama-keluarga-atau-teman

2. https://www.sehatq.com/artikel/permainan-yang-seru-bersama-anak-selama-di-rumah-saja

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *