5 Inspirasi Kerajinan dari Limbah Plastik yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

Kasus sampah plastik yang terus meningkat memang menjadi masalah serius yang mengancam lingkungan. Isu global akibat dampak limbah plastik sudah menjadi perhatian banyak pegiat lingkungan, bahkan masyarakat wajib memberikan sumbangsih menjaga lingkungan. Salah satu cara untuk meminimalisir pemakaian kemasan plastik yang berpotensi meningkatkan limbah plastik adalah melakukan proses daur ulang. Anda bisa mengajak si kecil membuat kerajinan limbah plastik yang mudah dibuat di rumah saja.

Read More

Ide Benda Daur Ulang dari Sampah Plastik

Anda punya botol bekas minuman sekali pakai atau bungkus plastik makanan dan bahan rumah tangga lain, maka cobalah untuk melakukan daur ulang sendiri. Anda bisa membuat aneka kerajinan limbah plastik yang mudah dibuat dari sampah plastik rumah tangga atau sampah anorganik lain. Kira-kira ide kerajinan apa yang bisa meningkatkan dekorasi rumah menjadi lebih indah? Yuk, coba inspirasi kerajinan tangan berikut!

1. Bunga dari sedotan plastik

Pemakaian sedotan plastik dari minuman yang Anda beli bisa diubah menjadi bunga yang indah. Anda bisa membuat kreasi bunga dari aneka sedotan plastik dengan alat cutter sederhana, kok. Bila perlu memakai lem, Anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera keindahan masing-masing saja.

2. Pot bunga

Botol minuman yang tidak terpakai bisa diolah menjadi seni berupa pot bunga yang bermanfaat. Pot bunga bisa dicat ulang agar tampak lebih indah, kemudian Anda bisa menambahkan media tanam agar bunga atau tanaman lain bisa tumbuh sempurna. Tinggal letakkan di sudut ruangan atau dipajang di luar rumah, dijamin rumah Anda akan tampak lebih indah dan hijau.

3. Hiasan dinding

Anda juga bisa mencoba inspirasi membuat kerajinan tangan berupa hiasan dinding yang cantik. Manfaatkan tutup botol minuman yang bisa dibentuk sesuai keinginan dengan media lem, sendok plastik bisa dicat dan dipasang di dinding membentuk burung atau benda lain sesuai selera.

4. Tas atau taplak meja

Jika Anda punya plastik kemasan yang terlalu banyak di rumah, maka cobalah mengubahnya menjadi benda multifungsi. Anda bisa mengubah bekas kemasan plastik menjadi tas atau taplak meja dengan bantuan lem. Taplak meja makan dari bahan plastik anti air dan tidak mudah rusak, kok.

Bila ingin membentuk tas belanja, Anda butuh jarum dan benang jahit yang bisa membantu pembuatan tas yang lebih kuat. Belanja pakai tas dari plastik daur ulang bisa membantu penghematan beli kemasan plastik di minimarket yang tidak gratis serta memberikan sumbangsih menjaga lingkungan dari dampak limbah plastik, lho!

5. Mainan anak edukatif

Ajak si kecil membuat kerajinan limbah plastik dengan bahan-bahan sederhana saja. Anda bisa membuat wadah peralatan tulis, pesawat mainan, mobil mainan atau telepon tradisional. Manfaatkan setiap sampah plastik yang ada guna memerangi dampak limbah plastik bagi lingkungan.

Selain itu, Anda yang mengajak si kecil membuat mainan edukatif dari sampah plastik bisa membantu meningkatkan kreativitas mereka sejak dini. Yakin tidak ingin meningkatkan bonding time bersama si kecil dengan kegiatan yang sangat bermanfaat ini?

Yuk, coba membuat kerajinan limbah plastik yang mudah dibuat di rumah bersama buah hati tercinta! Anda bisa mencari rekomendasi produk yang bisa dibuat dari limbah plastik dari media internet, tutorial video, media cetak, dan sebagainya. Produk daur ulang yang bermanfaat kembali bisa membantu mencegah pencemaran lingkungan dari sampah plastik yang sulit terurai. Tidak menutup kemungkinan Anda sukses meraup untung dari bisnis kerajinan limbah plastik yang apik, lho!


Sumber

https://artikel.rumah123.com/11-inspirasi-kerajinan-dari-plastik-bikin-tampilan-interior-langsung-berubah-yuk-mulai-ikut-mengurangi-sampah-76671

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *