5 Kegiatan Seru di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

  • Whatsapp

5-Kegiatan-Seru-di-Pulau-Harapan,-Kepulauan-Seribu
Jakarta tidak hanya menawarkan kuliner yang beragam atau wisata yang hanya ada di Jakarta seperti Taman Mini Indonesia Indah maupun beberapa museumnya. Salah satu kecamatan di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi adalah Kecamatan Kepulauan Seribu. Apabila Anda dari Bandung, Anda bisa memesan tiket kereta Bandung Jakarta untuk ke Kepulauan Seribu.

Menjelajah Pulau Harapan di Kepulauan Seribu

Seperti namanya, ada banyak pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu. Salah satunya adalah Pulau Harapan yang terletak di bagian utara Kepulauan Seribu. Salah satu akses menuju pulau harapan adalah dari Pasar Ikan Muara Angke, Jakarta. Apabila kereta Anda berhenti di Stasiun Gambir, Anda bisa naik kendaraan umum dari Monas. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Harapan:

Read More

1. Jelajah Pulau

Ada sekitar 24 pulau-pulau kecil yang dekat dengan Pulau Harapan. Anda dan teman-teman bisa menjelajah beberapa pulau kecil ini. Saat jelajah pulau, Anda bisa mengambil foto atau sekadar menikmati indahnya biru laut dan pasir putih di pulau-pulau tersebut.

2. Snorkeling atau Scuba Diving

Pulau Harapan menjadi salah satu pulau yang terkenal untuk tempat snorkeling dan scuba diving. Jika Anda tidak bisa menyelam, Anda bisa memilih snorkeling atau melihat ke dalam air laut dari permukaan. Anda bisa melakukan kedua hal ini sambil menjelajah pulau.

Saat snorkeling atau melakukan penyelaman, sebaiknya Anda berhati-hati untuk tidak menginjak atau merusak terumbu karang yang ada di sana. Terumbu karang tidak hanya menjadi ekosistem tempat biota laut berkembang biak, tetapi juga berfungsi untuk menjaga daerah pesisir pantai.

Dengan adanya terumbu karang, energi ombak yang menuju ke pantai akan lebih teredam. Apabila terumbu karang rusak, maka energi ombak akan sangat besar dan bisa mengakibatkan terjadinya abrasi atau pengikisan pantai.

3. Wisata Kuliner

Wisata kuliner di Pulau Harapan adalah seafood segar yang dapat diolah sebagai aneka masakan. Mulai dari bakar hingga tumis. Wisata kuliner ini berada di dekat pintu gerbang Pulau Harapan. Ada pula pedagang kecil yang menjajakan makanan ringan dari bahan ikan seperti bakso, siomay, atau batagor. Untuk menutup wisata kuliner, Anda bisa menyesap es kelapa muda yang segar.

Mencicipi seafood memang paling pas di pinggir pantai. Dengan tiket Bandung Jakarta, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk menikmati seafood segar.

4. Mengunjungi Hutan Bakau

Bakau merupakan tumbuhan yang sangat berguna untuk menahan arus laut ke daratan. Hutan bakau membantu meredam arus laut yang sangat besar, misalnya jika terjadi gelombang besar karena angin atau ketika ada tsunami. Selain itu, akar bakau dapat menjadi tempat biota laut berkembang biak.

Di Pulau Harapan, Anda bisa melihat hutan bakau yang asri. Letak hutan bakau ini ada di dekat Pulau Kelapa. Bagi Anda yang menyukai berburu matahari terbenam, tempat ini cocok untuk tempat menikmati dan mengabadikan sunset saat sore hari.

5. Melihat Taman Biota Laut

Taman Biota Laut di Kepulauan Seribu dikelola oleh Balai Konservasi Kepulauan Seribu. Taman ini memiliki fungsi sebagai tempat penangkaran penyu dan juga melindungi penyu. Jenis penyu yang dikembangbiakkan di sini adalah penyu hijau.

Taman ini merupakan bagian dari Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang juga turut menangkar penyu sisik. Taman Biota Laut di Pulau Harapan merupakan tempat penangkaran di laut, yaitu penangkaran yang menggunakan jaring untuk menyekat antara tempat penangkaran dengan laut lepas.

Dengan tiket kereta Bandung-jakarta, Anda bisa menuju ke Pulau Harapan bersama dengan teman-teman atau keluarga Anda. Saat berada di Pulau Harapan, ikutilah arahan pemandu wisata. Gunakan juga agen travel yang terpercaya agar liburan Anda semakin nyaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *