5 Langkah Merintis Bisnis Startup Indonesia bagi Pemula

Di era digital saat ini semakin banyak startup bermunculan. Tak bisa dipungkiri bahwa startup memang menjadi pilihan bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Jika sudah mulai stabil berjalan, startup ini bisa mendatangkan begitu banyak keuntungan. Mari cari tahu seperti apa cara efektif untuk mulai merintis startup Indonesia dari nol sampai mencapai sukses.

Read More

Memulai Startup

Permulaan sebuah bisnis memang tidak akan pernah terasa mudah. Memulai sebuah bisnis startup juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Pertama-tama siapkan dulu niat dan mental yang kuat. Persaingan bisnis di bidang startup ini tidaklah mudah. Jadi Anda harus benar-benar punya niat yang kuat untuk memulainya. Setelah itu silakan terapkan beberapa langkah berikut ini:

1. Buat Konsep yang Matang

Langkah pertama, tentu saja Anda harus mempersiapkan konsep yang matang. Sebuah startup tentu saja harus punya konsep spesifik. Harus ada tujuan yang jelas dari pembuatan startup tersebut. Konsep inilah yang nantinya akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis startup ini. Susunlah rencana yang matang dan fokuslah pada rencana tersebut.

Carilah banyak referensi dari startup startup lain yang sudah berkembang. Coba cari layanan apa yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat namun belum ada startup yang memberikannya. Gali lebih banyak tentang permintaan dari masyarakat di Indonesia agar Anda bisa menghadirkan startup yang benar-benar dibutuhkan.

2. Tentukan MVP

Selanjutnya silakan tentukan MVP. MVP ini adalah minimun viable product yang bisa diartikan sebagai fitur untuk dipersiapkan demi memberi kepuasan kepada pelanggan. MVP akan menyediakan akses menuju fitur-fitur yang bisa membuat produk Anda bermanfaat ketika dirilis ke publik.

Di dunia bisnis startup, MVP ini akan membantu memperbesar kemungkinan Anda merilis bisnis yang sukses besar di pasaran. Namun penting untuk diketahui bahwa MVP berbeda dengan beta launch. Nantinya MVP ini dibuat dalam bentuk prototipe yang di dalamnya sudah memuat fitur-fitur dari startup tersebut.

3. Gabunglah dengan Program Mentoring

Bagi pelaku bisnis startup yang masih pemula dan belum ada pengalaman sama sekali, cobalah bergabung dengan program mentoring. Ini menjadi langkah penting yang akan sangat bermanfaat dan menguntungkan. Bergabunglah untuk mencari lebih banyak ilmu mengenai dunia startup.

Pilihlah program mentoring startup Indonesia yang tepat dan kredibel. Gali lebih banyak ilmu di sana dan terapkan untuk mengembangkan startup Anda sendiri. Lewat program semacam ini Anda juga bisa bertemu dengan lebih banyak teman yang bergerak di bidang yang sama. Akhrinya, lebih banyak pula ilmu dan sharing pengalaman yang bisa didapatkan.

4. Buat Tim yang Solid

Bangunlah sebuah tim yang solid dan konsisten agar startup bisa berkembang dengan baik. Dalam proses merintis startup, akan sulit jika Anda hanya bekerja sendiri. Startup seharusnya dirintis dan dibangun bersama dengan tim yang kompeten. Siapkanlah anggota tim yang benar-benar satu visi dan siap meraih tujuan startup.

5. Siapkan Penawaran yang Spesifik

Selanjutnya siapkan penawaran yang spesifik. Penawaran inilah yang nantinya akan diperlihatkan kepada publik. Jika publik tidak mendapatkan penawaran yang jelas maka akan sulit bagi startup tersebut untuk disukai oleh masyarakat luas. Di tahap ini Anda juga bisa mulai memikirkan langkah marketing yang tepat agar startup yang dirilis bisa meraih banyak pengguna.

Persaingan bisnis startup Indonesia saat ini memang sangat ketat. Namun bukan berarti hal tersebut akan menjadi penghalang bagi Anda. Anda masih punya kesempatan untuk mengembangkan startup baru yang bermanfaat di tanah air. Pastikan konsepnya matang dan memang benar-benar bisa memberi manfaat bagi para pengguna.

Sumber:

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-memulai-bisnis-startup/

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-bisnis-startup-peluang-dan-tips-untuk-memulainya/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.