5 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

  • Whatsapp

5-Manfaat-Membacakan-Dongeng-untuk-Anak
Pengaruh gawai memberikan dampak buruk bagi perkembangan si kecil. Meski tidak selalu negatif, namun orangtua yang membiarkan anak-anak terlalu lama bermain gawai bisa mempengaruhi kemampuan fisik dan psikis. Jangan lewatkan momen
golden age si kecil karena perkembangan teknologi yang semakin modern. Anda wajib mencoba hal-hal yang bisa mendukung perkembangan anak lebih baik, salah satunya adalah membacakan dongeng sebelum tidur. Pilih cerita seru yang bisa membuat imajinasi anak lebih kreatif, ya!

Membacakan dongeng untuk anak

Orangtua bisa memilih dongeng atau cerita menarik yang mengandung pesan moral untuk si kecil. Membacakan dongeng jelang tidur oleh orangtua sendiri bisa memberikan perkembangan yang sangat signifikan. Apa saja? Yuk, simak 5 manfaat membaca dongeng untuk anak-anak berikut!

Read More

 

1. Meningkatkan kemampuan kognitif anak

Manfaat membacakan dongeng untuk si kecil bisa meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Pasalnya, anak-anak bisa mendapatkan perluasan pengenalan objek yang diceritakan oleh orangtua. Tentu Anda harus memberikan alat peraga yang bisa mendukung kegiatan mendongeng seperti buku cerita yang menyajikan ilustrasi menarik.

Anak tak hanya bisa mendapatkan perluasan imajinasi, tetapi bisa belajar menganalisa, belajar sebab akibat, mendapatkan pesan moral yang baik, dan masih banyak manfaat positif lain.

 

2. Bisa meningkatkan perkembangan emosional dan sosial

Pada masa tumbuh kembang emas si kecil, orangtua harus memberikan permainan edukatif yang bisa mendorong perkembangan tersebut. Tidak hanya sekadar hiburan semata, buku dongeng bisa menjadi media edukatif yang lain. Biarkan anak belajar nilai moral kehidupan dari cerita yang Anda bacakan. Pastikan Anda memilih cerita seru yang bisa mengajarkan hal-hal tersebut.

 

3. Bisa meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak

Bisa saja kesibukan bekerja membuat hubungan Anda dan anak renggang atau kurang erat. Cara meningkatkan ikatan menjadi lebih erat bisa Anda cairkan lewat kegiatan mendongeng. Kasih sayang antara ibu dengan anak atau ayah dengan anak bisa terjalin lewat komunikasi efektif. Luangkan waktu Anda minimal 5-10 menit untuk melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan si kecil ini, ya!

 

4. Bisa mengembangkan imajinasi lebih kreatif

Imajinasi anak-anak sangat luas dan Anda wajib menstimulasinya dengan cerita yang bagus. Setiap anak pasti memiliki dunia khayalan atau teman rekaan sendiri yang membuat mereka menjadi lebih kreatif. Kurang imajinasi bisa membuat anak menjadi pribadi yang lebih tertutup, antisosial dan tidak mampu berkomunikasi dengan baik.

 

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan bahasa

Anda pasti ingin anak tumbuh dengan ceria, kreatif dan ramah, bukan? Biarkan anak-anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik lewat dongeng yang Anda kisahkan setiap malam. Anak akan belajar kosakata baru dan cara berbahasa yang baik dan benar. Perlu dukungan kuat dari orangtua untuk meningkatkan kemampuan tersebut, ya!

Tak hanya bisa meningkatkan kemampuan komunikasi lebih optimal, Anda mengajarkan anak-anak untuk memiliki minat baca sejak usia dini. Minat baca yang bagus akan membentuk kepribadian si kecil lebih haus ilmu pengetahuan dan belajar hal baru setiap hari. Yuk, mulai biasakan kegiatan mendongeng jelang tidur!

Dari beberapa manfaat membacakan dongeng untuk anak setiap hari di atas, apakah Anda ingin meluangkan waktu bersama si kecil? Durasi singkat dengan bacaan cerita seru sangat berpengaruh pada kemampuan berpikir anak, lho! Jangan biarkan kesibukan Anda melewatkan masa emas perkembangan buah hati tercinta. Anak yang bisa berpikir kreatif akan lebih berprestasi dibandingkan anak-anak yang kurang imajinasi. Mari ciptakan imajinasi si kecil yang luar biasa sekarang juga!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *