5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga secara Bijak

Pengelolaan keuangan yang tepat dalam sebuah rumah tangga sangat penting untuk dilakukan. Jika manajemen keuangannya benar maka keluarga Anda pasti akan sejahtera. Selain itu semua kebutuhan keluarga juga akan lebih mudah untuk tercukupi. Kali ini akan dibagikan beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga secara bijak dan efektif.

Read More

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setelah menikah, cara mengelola keuangan akan berbeda dengan saat dimana Anda masih lajang. Jika sudah menikah maka ada banyak hal yang harus dipikirkan karena kebutuhan juga pasti meningkat. Selain itu pendapat pasangan juga harus dipertimbangkan dalam manajemen keuangan tersebut. Berikut adalah 5 tips yang bisa diterapkan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga:

1. Catat Semua Pendapatan

Langkah pertama, catatlah semua pendapatan yang dimiliki. Jika suami dan istri sama-sama bekerja maka catat berapa banyak uang yang diterima masing-masing. Apabila hanya satu orang yang bekerja, maka catat juga berapa gajinya per bulan. Apabila pendapatan tidak tetap, misalnya wiraswasta atau freelancer, maka tulislah perkiraan gaji yang paling mendekati.

Dengan mengetahui jumlah uang yang dimiliki maka pengelolaan dana akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengatur anggaran sesuai besar uang yang dimiliki. Pastikan rencana anggaran dan pemenuhan kebutuhan tidak jauh lebih besar dari pemasukan.

2. Buat Anggaran Bulanan

Selanjutnya silakan buat anggaran bulanan. Setiap keluarga pasti punya kebutuhan dan pengeluaran bulanan yang berbeda. Tuliskan secara rinci kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dan berapa besarnya pengeluaran tersebut. Mulai dari kebutuhan yang sifatnya primer, sekunder, juga tersier.

Untuk apa dibuat rencana anggaran ini? Anda bisa tahu berapa banyak uang yang harus dikeluarkan dalam satu bulan. Anda juga bisa menentukan apakah pemasukan bulan tersebut memadai untuk memenuhi kebutuhan atau tidak. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menentukan jumlah uang sisa yang bisa ditabung.

3. Buatlah Prioritas

Jangan lupa selalu buat prioritas ketika Anda menyusun rencana anggaran bulanan. Prioritas ini akan membantu Anda memisahkan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan prioritas yang utama. Jika memang ada dana sisa dan masih memungkinkan maka bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan di urutan prioritas berikutnya.

Mungkin tak semua orang bisa menyusun prioritas secara bijak. Kunci pentingnya adalah bisa memahami mana yang kebutuhan penting dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus tahu mana jenis pengeluaran yang sebenarnya hanya keinginan semata untuk mengikuti tren.

4. Siapkan Dana Darurat

Tips mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah siapkan dana darurat. Ini sangat penting untuk dilakukan namun juga seringkali disepelekan. Buatlah alokasi dana darurat sesuai dengan sisa uang yang Anda miliki setelah memenuhi kebutuhan bulanan. Dana darurat ini akan sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu Anda butuh uang untuk keperluan genting.

5. Alokasikan Dana Investasi

Langkah berikutnya yang penting untuk dilakukan adalah alokasikan dana investasi. Tak hanya persiapan dana darurat, Anda juga butuh berinvestasi. Investasi akan menjadi langkah manajemen uang yang sangat bijak dan efektif. Dana yang Anda miliki tidak hanya tersimpan tapi juga terus berkembang sehingga akan menguntungkan bagi Anda.

Itulah tadi 5 tips mengatur keuangan rumah tangga yang bisa dijadikan referensi. Tentunya setiap keluarga punya kondisi keuangan berbeda-beda sehingga tips pengelolaan ini bisa disesuaikan dengan kondisi tersebut. Pastikan untuk selalu bijak dalam mengelola dana dan jangan mudah mengeluarkan dana untuk keperluan yang tidak begitu penting.

Sumber:

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga-yang-efektif

https://prospeku.com/artikel/cara-mengatur-keuangan—3435

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.