7 Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib Dihindari

  • Whatsapp

7-pantangan-penderita-kolesterol-tinggi-yang-wajib-dihindari

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat jika dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf, serangan jantung, batu empedu, dan lain-lain. Oleh karena itu untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol selain dengan obat-obatan juga dengan menjaga pola makan. Berikut ada beberapa pantangan penderita kolesterol yang harus dihindari atau dikurangi konsumsinya:

Read More

1. Makanan Berlemak Jenuh

Lemak jenuh menjadi salah satu sumbangsih terbesar dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat. Oleh sebab itu, hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang banyak. Beberapa makanan berlemak jenuh yang harus dihindari antara lain santan kelapa, keju, mentega, krim whole-fat, sosis, daging kemasan dan lain-lain.

Jika Anda tidak bisa menghindari makanan pantangan bagi penderita kolesterol, Anda bisa mulai dengan mengurangi atau menggantinya, misal mentega diganti dengan minyak zaitun.

2. Lemak Trans

Lemak trans ini benar-benar harus dihindari karena lemak ini sangat mudah menaikkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik). Lemak trans ini biasanya ada pada makanan seperti biskuit, pastry, donat, burger, pizza.

Lemak trans ini merupakan minyak yang dipadatkan dan biasanya terdapat di margarin serta minyak kelapa. Maka dari itu, pilihlah margarin dengan kadar lemak transnya 0 persen.

3. Aneka Jenis Gorengan

Makanan pantangan penderita kolesterol tinggi selanjutnya yakni gorengan. Rasanya yang gurih memang membuat gorengan sulit untuk dihindari. Gorengan yang diolah dengan margarin atau minyak goreng ini sangat berbahaya bagi kolesterol baik. Apalagi jika Anda mengonsumsi gorengan yang diolah dengan minyak jelantah atau minyak bekas.

Bakwan, tempe atau tahu goreng, ayam goreng, martabak telur, dan aneka gorengan lainya harus mulai Anda kurangi konsumsinya. Atau Anda bisa mengganti gorengan dengan aneka makanan yang diolah dengan dikukus ataupun direbus.

4. Kulit

Tidak sedikit orang yang menyukai kulit ayam, kulit sapi, kikil, atau berbagai olahan yang terbuat dari kulit. Kulit menjadi salah satu menu makanan yang harus dihindari karena kulit mengandung lemak jenuh yang tinggi. Bahkan kadar lemak jenuh pada kulit lebih tinggi dari lemak yang ada pada daging.

5. Jeroan

Satu lagi makanan pantangan penderita kolesterol yang tak sedikit peminatnya, yaitu jeroan. Berbagai jeroan dari ayam, sapi, atau hewan lainnya harus dihindari untuk menekan meningkatnya kadar LDL dalam tubuh.

Aneka jeroan yang harus dihindari seperti usus, hati, otak, jantung, dan organ dalam lainnya. Namun jika tidak bisa menghindari, Anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit makanan dengan bahan utama jeroan.

6. Garam

Seperti makanan tanpa garam akan terasa sangat hambar, tapi ternyata mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam berlebih seperti makanan kemasan dan aneka makanan ringan lainnya. Sebagai pengganti, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kadar garam rendah yang bisa ditemukan pada olahan roti.

7. Gula

Bagi yang suka manis tentu akan sangat berat menghindari makanan yang mengandung gula. Selain penderita diabetes, penderita kolesterol tinggi juga harus mengurangi konsumsi gula berlebihan. Berbagai makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti teh manis, minuman bersoda, aneka kue, dan masih banyak lagi.

Sebagian besar makanan pantangan penderita kolesterol tinggi memang terasa lezat di lidah. Akan tetapi untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh Anda harus menghindari atau mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut. Karena sebagian besar meningkatnya kolesterol dihasilkan oleh makanan yang masuk dalam tubuh.

Sumber:

  • www.halodoc.com
  • www.sehatq.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *