7 Tips Mendapatkan Rumah Idaman dengan Bujet Terbatas

  • Whatsapp

Biaya untuk mendapatkan rumah idaman saat ini memang terbilang mahal. Harga lahan dan properti saat ini terbilang tinggi dan sulit diraih jika Anda tidak menerapkan strategi yang tepat. Sebenarnya siapa saja punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan rumah idaman sesuai ketersediaan bujet. Hanya dibutuhkan cara atau strategi yang tepat untuk mendapatkannya.

Read More

Dapat Rumah Bujet Terbatas

Demi mendapatkan tempat tinggal yang layak sesuai keinginan, Anda memang harus berusaha dengan baik. Anda perlu menerapkan strategi yang tepat dan efektif sehingga rumah idaman bisa diperoleh dengan mudah. Berikut ini adalah 7 tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan rumah idaman meskipun bujet terbatas:

1. Ambil Rumah Sewa Dulu

Jika bujet memang masih terbatas, maka Anda tak perlu terburu-buru membeli rumah. Anda bisa menyewa rumah terlebih dahulu karena pada intinya sama saja Anda akan mendapatkan tempat tinggal. Tak mudah tentu untuk langsung membeli rumah jika bujet atau pemasukan saja masih terbatas. Jadi tak masalah untuk melakukan sewa terlebih dahulu.

Penting untuk diketahui bahwa menyewa rumah juga sama saja dengan mendapatkan tempat tinggal. Rumah tersebut akan menjadi tempat yang nyaman bagi Anda selama dirawat dengan cara yang tepat. Pilihlah rumah sewa yang nyaman dan sesuai kebutuhan. Pastikan untuk mencari rumah sewa dengan biaya yang sesuai bujet Anda.

2. Rencanakan Rumah Tumbuh

Anda juga bisa merencanakan pembangunan rumah tumbuh saat bujet masih terbatas. Pembangunan rumah saat ini memang butuh biaya besar namun Anda bisa mengakalinya dengan memilih tipe rumah tumbuh. Ini merupakan jenis rumah yang dibangun sesuai bujet tapi direncanakan untuk bisa dibangun lebih besar lagi ketika sudah ada biayanya di masa depan.

Konsep rumah tumbuh ini menjadi solusi yang sangat tepat bagi generasi milenial dan gen Z yang ketersediaan bujet untuk membeli rumah masih sangat terbatas. Dengan adanya konsep rumah tumbuh, Anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dengan biaya yang ada. Nantinya Anda bisa melanjutkan pembangunan rumah jika bujet yang dimiliki semakin banyak.

3. Pertimbangkan Rumah Subsidi

Zaman sekarang ada fasilitas rumah subsidi yang juga bisa jadi alternatif pilihan bagi Anda. Dengan bujet yang terbatas Anda bisa mendapatkan tempat tinggal nyaman dan aman. Rumah subsidi ini merupakan program dari pemerintah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan hunian yang layak. Tentunya memang ada banyak keterbatasan dalam tipe rumah ini karena harganya juga terbilang murah.

Dengan harga yang murah, Anda sudah bisa mendapatkan hunian yang layak meskipun sangat sederhana. Jika nanti dana sudah terkumpul lagi maka Anda bisa melakukan renovasi sehingga rumah subsidi tersebut terlihat lebih baik dan lebih nyaman. Jenis rumah ini sangat cocok dipilih jika Anda masih single atau baru punya keluarga kecil.

4. Dapatkan KPR Terjangkau

Selain rumah subsidi, Anda juga bisa melakukan pembelian rumah dengan layanan KPR. Fasilitas KPR ini memang sangat mempermudah siapa saja untuk membeli rumah idaman dengan metode cicilan. Namun, Anda harus berhati-hati saat akan membeli rumah dengan sistem KPR. Salah langkah dalam mengambil KPR bisa membuat Anda terjerat utang yang sulit untuk diselesaikan.

Pilihlah bank penyedia KPR yang aman dan terpercaya. Pastikan lokasi rumah sudah tepat dengan keinginan Anda. Buat perhitungan yang rinci mengenai rencana pelunasan KPR Anda di masa depan. Pastikan bahwa KPR ini sudah sesuai dengan kemampuan atau pendapatan yang Anda miliki.

5. Pilih Rumah Tipe Kecil

Jika bujet masih terbatas maka pilihlah tipe rumah yang kecil. Semakin besar tipe rumah maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Jadi sangat disarankan untuk memilih tipe rumah yang kecil saja. Saat ini ada banyak sekali pilihan tipe rumah yang kecil namun memiliki kualitas yang sangat memuaskan. Tak kalah dengan tipe rumah besar lainnya.

Rumah kecil dan sederhana memang jadi pilihan terbaik saat bujet masih terbatas. Nantinya rumah tipe kecil juga bisa direnovasi jika dananya tersedia. Coba cari perbandingan harga rumah tipe kecil di berbagai lokasi dan pilih yang paling terjangkau.

6. Cari Apartemen yang Terjangkau

Bujet terbatas tapi ingin tinggal di apartemen? Tentu masih ada harapan jika Anda mau berusaha lebih keras. Anda bisa melakukan survei dan mencari unit apartemen dengan lokasi yang tidak ada di pusat kota. Selain itu pilih unit apartemen yang ukurannya kecil sehingga harganya juga lebih terjangkau.

Menemukan unit apartemen nyaman dengan harga terjangkau bukanlah hal yang mustahil. Anda bisa saja menemukan apartemen bagus namun harganya murah jika rajin melakukan survei. Bila perlu lakukan negosiasi langsung dengan pemilik unit yang berencana untuk menjual unitnya.

7. Pilih Lokasi yang Tidak di Tengah Kota

Saat dana untuk memiliki rumah hanya terbatas maka pilihlah hunian dengan lokasi yang tidak strategis. Jangan mengambil rumah yang lokasinya ada di tengah kota karena harganya pasti selangit. Pilih hunian yang lokasinya cukup nyaman dan aman serta tidak begitu ada di pelosok.

Sebenarnya masalah lokasi ini cukup tricky dan Anda harus benar-benar rajin survei langsung ke lapangan. Temukan hunian yang berlokasi di tempat tepat, tidak mahal, tapi juga dekat dengan lokasi Anda bekerja. Anda bisa juga bertanya pada teman atau keluarga mengenai hunian dengan kriteria lokasi tersebut.

Itulah tadi 7 tips mendapatkan rumah idaman dengan bujet yang masih terbatas. Pastikan Anda benar-benar mengikuti ketentuan bujet yang tersedia dan jangan mencari rumah dengan harga melampaui kemampuan anda. Bagi Anda yang sedang ingin mencari hunian nyaman di Bekasi, silakan langsung kunjungi laman berikut https://www.rumah.com/detil-properti/puri-begawan-14396.

Sumber:

http://www.infobangunrumah.id/2021/01/bangun-rumah-dengan-budget-terbatas.html

https://www.ibupedia.com/artikel/keluarga/inilah-14-tips-membeli-rumah-agar-tak-menyesal-di-masa-depan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *