Bisa Dicoba, Berikut Bahan Alami Untuk Mengatasi Bibir Hitam Yang Harus Anda Tahu

  • Whatsapp

Memiliki bibir yang cerah dan merah alami menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya wanita. Namun, seperti halnya kulit tubuh lainnya, bibir juga terkadang mengalami beberapa masalah, salah satunya yaitu bibir hitam.

Read More

Untuk mencerahkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yuk simak bahan alami yang mampu mengatasi atau sebagai cara menghilangkan bibir hitam.

Bahan Alami Atasi Bibir Hitam

1. Lemon Dan Jeruk Nipis

Bahan alami satu ini sangat mudah ditemukan, karena hampir semuat tempat penjual sayur dan buah ada lemon dan jeruk nipis. Banyaknya kandungan vitamin C dan antioksidan pada kedua bahan tersebut, turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Tak hanya pada kulit wajah saja, ternyata lemon dan jeruk nipis juga baik digunakan untuk atasi bibir hitam.

Tak hanya vitamin C dan antioksidan saja, ternyata buah dari golongan jeruk-jerukan ini juga memiliki kandungan yang lain, seperti vitamin A, E dan K, kalsium, potasium, fosfor, dan magnesium. Dimana, semua kandungan zat baik tersebut sangat berperan dalam hal menutrisi kulit bibir. Untuk menggunakan bahan tersebut, anda hanya perlu mengaplikasikannya secara langsung pada bibir sebelum tidur di malam hari.

2. Madu

Seperti yang telah diketahui, produk buatan lebah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, madu juga memiliki peran baik dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bruntusan. Disamping itu, ternyata ada pula manfaat yang di dapat dari menggunakan madu, yaitu untuk mengatasi bibir hitam.

Produk rumah lebah tersebut memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik, seperti vitamin B dan C, kalsium, zat besi, natrium, glukosa, kalium, fosfor, magnesium, serta folat. Dengan banyaknya zat gizi yang terdapat dalam madu, mampu membuat bahan ini bisa digunakan sebagai pencerah bibir. Untuk mengaplikasikan madu pada bibir cukuplah mudah, anda tinggal mengoleskannya setiap malam hari sebelum tidur atau bisa juga 2 kali dalam sehari.

3. Gula

Selain digunakan untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman, ternyata produk olahan dari tebu ini juga dapat digunakan untuk merawat kulit bibir. Tak hanya digunakan untuk mengatasi bibir kering saja, ternyata gula juga bisa digunakan untuk atasi bibir hitam. Cara yang dilakukan juga cukup mudah, anda tinggal mencampurkan gula dengan madu atau minyak zaitun, kemudian diaplikasikan pada bibir.

Langkah tersebut digunakan dengan tujuan untuk mengatasi bibir hitam dengan cara mengangkat sel kulit matinya. Sehingga, secara bertahap akan membuat bibir menjadi tampak lebih cerah dan merah alami. Masker scrub bibir ini sangat mudah untuk dibuat dirumah, anda hanya membutuhkan satu sendok gula, setengah sendok madu serta satu tetes minyak zaitun. Jika ramuan ini sudah jadi, tinggal digosokkan pada kulit bibir dengan perlahan.

4. Delima

Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah dapat terjadi karena kurangnya kandungan mineral dalam tubuh. Sehingga, keadaan tersebut bila dibiarkan terus menerus akan berdampak pada perubahan warna bibir. Buah delima memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk merawat bibir yang gelap. Adanya berbagai kandungan vitamin C dan A serta antioksidan di dalam buah delima mampu digunakan untuk mengatasi bibir hitam.

Untuk menggunakan bahan ini sebagai pencerah bibir juga cukup mudah. Anda hanya membutuhkan satu sendok buah delima yang telah dihaluskan , kemudian campurkan dengan sedikit air mawar dan susu. Apabila ramuan tersebut telah jadi, anda tinggal mengoleskannya pada kulit bibir sambil digosok secara perlahan. Selang beberapa menit, anda bisa membasuh bibir dengan air hangat.

5. Kunyit

Semua orang pasti sudah familiar dengan bahan dapur ini, karena diantara empon-emponan hanya kunyit yang memiliki warna berbeda. Selain digunakan untuk penyedap dan pewarna masakan, rimpang berwarna kuning ini juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah mencerahkan bibir yang menggelap. Dalam penelitian yang telah dilakukan, kunyit telah terbukti ampuh dalam menghambat melanin penyebab hiperpigmentasi.

Kondisi bibir yang menggelap adalah hal yang tidak diinginkan sebagian besar orang, apalagi jika hal tersebut terjadi pada wanita. Namun, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan bibir, salah satunya dengan menggunakan bahan alami. Penggunaan bahan tersebut selain karena kandungan nutrisinya yang baik, juga sudah dipastikan aman untuk digunakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *