Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan 5 Cara Pencegahannya

Bila Anda tidak rajin menyikat gigi setelah makan, maka bersiaplah sisa makanan berubah menjadi residu. Residu ini yang mengakibatkan plak muncul dan menjadi karang gigi dalam waktu lama. Tentu penampilan akan menjadi kurang percaya diri bila Anda memiliki karang gigi. Selain rajin mengunjungi dokter gigi setidaknya enam bulan sekali, Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan karang gigi secara alami di rumah.

Read More

Cara Simpel Mencegah Karang Gigi

Dilansir dari halodoc, berikut kebiasaan sederhana yang bisa menghilangkan atau mencegah karang gigi yaitu :

1. Rajin menyikat gigi

Jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur malam hari. Pastikan Anda memakai cara membersihkan setiap jangkauan di dalam mulut, permukaan gigi depan, belakang, kanan, kiri dan bagian atas. Menyikat bagian lidah juga bisa membantu mengurangi risiko bau mulut. Hindari pula menyikat dengan bulu sikat yang terlalu kasar sebab bisa merusak lapisan enamel gigi Anda.

2. Memakai benang gigi

Cara menghilangkan karang gigi secara alami yang wajib Anda lakukan adalah memakai benang gigi. Bersihkan sisa makanan atau plak yang ada di sela-sela gigi memakai benang ini. Anda bisa membersihkan karang gigi memakai benang setelah menyikat gigi secara rutin, ya!

3. Memakai baking soda

Tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue, baking soda telah lama digunakan sebagai pembersih plak gigi. Anda hanya perlu menyikat gigi dengan baking soda yang mengandung antimikroba dan mencegah kerusakan gigi akibat kekurangan kalsium. Cara yang sangat praktis dan hemat biaya, bukan?

4. Gunakan obat kumur

Anda bisa menghilangkan karang gigi dengan memakai obat kumur yang aman digunakan setiap hari. Obat kumur bisa merontokkan residu makanan yang menempel di sela-sela gigi Anda. Anda juga bisa bernapas lebih lega dan meningkatkan kepercayaan diri saat berkomunikasi dengan orang lain, ya!

5. Banyak minum air putih dan hindari rokok

Ingin gigi tampak lebih sehat dan bebas dari masalah penumpukan plak di gigi, maka Anda wajib rutin minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Kandungan enzim pada air putih bisa membantu merontokkan sisa makanan di sela gigi Anda, termasuk mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut. Dehidrasi bisa memicu aroma napas tidak sedap dan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

Untuk memaksimalkan upaya menghilangkan risiko penumpukan plak pada gigi Anda, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan buruk merokok. Kandungan nikotin pada rokok bisa membuat masalah bau mulut, membuat gigi menjadi kuning, bahkan mengubah tumpukan karang gigi berubah menjadi hitam dan susah dihilangkan.

Anda jelas tidak ingin tampilan gigi menjadi buruk rupa secara permanen, bukan? Bila ingin mendapatkan hasil terbaik, maka mulailah berhenti merokok yang bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

Cobalah menerapkan cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan langkah sederhana di atas. Anda juga bisa memakai bahan alami yang ampuh merontokkan karang gigi, misalnya menggosok gigi memakai kulit jeruk yang kaya vitamin C, mengunyah wortel untuk membersihkan gigi secara alami, berkumur pakai cuka yang dicampur air hangat, dan lain-lain.

Perawatan gigi dan mulut menjadi kunci agar Anda bisa tetap sehat dan tampil percaya diri. Menyikat gigi pakai pasta gigi yang berkualitas bisa membantu Anda memiliki gigi bebas masalah berlubang, plak dan aroma tidak sedap. Yuk, rawat gigi Anda agar terbebas dari penumpukan plak yang ciptakan karang gigi mulai sekarang!


Sumber

https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-7-cara-sederhana-membersihkan-karang-gigi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.