Cobalah 5 Perawatan Sederhana di Rumah Ini Sebagai Cara Mengatasi Rambut Kusut

  • Whatsapp

Cobalah-5-Perawatan-Sederhana-di-Rumah-Ini-Sebagai-Cara-Mengatasi-Rambut-Kusut
Kondisi rambut kusut memang membuat tampilan jadi kurang sempurna. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah rambut, seperti rambut yang kering, sehingga rambut yang sulit diatur, membuatnya jadi mudah kusut. Para hair stylist berbagi tips dalam cara mengatasi rambut kusut dengan sejumlah perawatan sederhana di rumah.

Tips Mengatasi Rambut Kusut dari Para Hair Stylist

Bukan hanya rutin keramas rutin menggunakan shampo saja, teknik menyisir pun berperan penting untuk membuat tampilannya jadi lebih rapi dan anti kusut. Ini dia beberapa tips untuk atasi rambut yang mudah kusut.

Read More

1. Selalu Sisir Rambut dari Bagian Ujung

Biasanya bagian rambut yang paling mudah kusut ialah pada bagian ujung-ujungnya. Hal ini karena bagian ujung rambut lebih tipis. Anda bisa menyisirnya dari mulai ujung rambut tersebut secara perlahan dengan menahan bagian tengahnya menggunakan tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah rambut ketarik dan malah membuatnya rontok. Belum lagi pasti akan terasa sakit.

Pastikan menyisir bagian ujung pelan-pelan. Bila terlalu kusut, bisa sisir dulu dengan tangan Anda, pisah-pisahkan ujung rambut yang terlalu kusut. Biasanya sering ada rambut yang bisa saling terikat.

2. Pilih Sisir Sesuai Kondisi Rambut

Langkah kedua cara mengatasi rambut kusut dengan menyisir menggunakan sisir khusus. Memang bentuk dan fungsi sisir terlihat standar saja. Namun sebenarnya terdapat banyak tipe sisir yang ada di pasaran dan masing-masing tipe memiliki fungsi berbeda. Harganya pun bisa beragam, hingga mencapai ratusan ribu lho.

Anda bisa pilih sisir sesuai kondisi rambut. Pada rambut yang sering kusut bisa gunakan paddle brush dan detangler brush. Kedua tipe sisir ini lebih terasa halus untuk digunakan pada rambut kusut. Selain itu mampu mengurangi risiko rambut patah dan meminimalisir kerusakan akar rambut.

3. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian Sebelum Menyisirnya

Saat menyisir, coba bagi rambut menjadi beberapa bagian lebih dulu. Sama seperti saat sedang mengeringkan menggunakan hair dryer, jepit atau gantungkan rambut yang belum disisir untuk mempermudah proses menyisir dan memastikan semua bagian telah disisir. Pemisahan rambut ini pun mengurangi terjadinya kerontokan ketika menyisir.

4. Gunakan Serum atau Hair Oil

Dari pada mengobati, lebih baik mencegah, bukan? Anda bisa melakukan rutinitas perawatan rambut sendiri di rumah agar rambut lebih halus dan tidak mudah kusut. Seperti menggunakan serum atau pun hair oil yang mengandung minyak argan setelah keramas selagi rambut setengah kering. Khususnya sebelum dan sesudah memakai alat pemanas seperti hair dryer dan alat catok.

Gunakan pula hair mist saat rambut terasa kering. Nah, usahakan memilih shampo yang sesuai kondisi rambut. Begitupun conditioner-nya. Tipe rambut yang mudah kusut umumnya rambut kering yang sulit diatur. Gunakan shampo dan conditioner yang kandungannya mampu menghaluskan helaian rambut.

5. Aplikasikan Hair Mask Rutin

Sebagai perawatan tambahan, aplikasikan juga masker rambut satu hingga dua kali setiap minggu. Masker rambut yang ada di pasaran pun sangat beragam dengan bahan dasar yang juga beragam.

Pilih masker berbahan alami dengan fungsi ganda seperti melembutkan rambut, menguatkan akar rambut, serta memberi nutrisi lebih agar rambut tidak mudah kering dan bercabang.

Masih banyak cara mengatasi rambut kusut yang mengandalkan perawatan dan teknik menyisir. Pastikan Anda memilih produk perawatan rambut berkualitas dan terpercaya, banyak digunakan oleh hair stylist untuk rambut lebih sehat, mudah diatur, juga berkilau.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *