Ingin Menerbitkan Buku Secara Indie? Berikut 5 Tips Suksesnya!

desain cover buku,jasa layout buku murah

Anda yang susah menerbitkan buku secara mayor karena berbagai faktor, bisa mencoba jalur penerbitan indie. Tentu Anda harus memiliki calon buku yang bagus untuk diterbitkan, misalnya novel memiliki alur yang menarik. Tetapi, Anda juga bisa menerbitkan buku dengan ide nonfiksi yang belum tentu terkait dengan jenis fiksi. Misalnya, Anda bisa menulis otobiografi atau buku self-help. Jasa desain cover buku akan membantu Anda menciptakan desain cover yang memuaskan untuk buku pertama ini.

Read More

Cara Mempromosikan Novel Indie

Agar buku yang Anda terbitkan bisa laris manis tidak kalah dengan terbitan mayor, Anda wajib melakukan promosi di media sosial atau platform online lain. Berikut kiat sukses mempromosikan novel indie yaitu :

1. Melakukan branding di media sosial

Anda bisa memakai media sosial yang potensial baik Facebook, Twitter, Instagram atau lainnya untuk melakukan branding buku tersebut. Lakukan promosi secara aktif agar orang-orang tahu bahwa Anda merupakan penulis buku tersebut. Tentu berikan kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan pembelian eksemplar novel terkait.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan tautan dan informasi kontak pada sampul buku. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan buku Anda.

2. Melakukan interaksi dengan pengikut

Selalu lakukan interaksi dengan pengikut di media sosial Anda baik melempar pertanyaan, memberikan giveaway novel, membalas pesan, dan aktivitas yang bisa meningkatkan engagement. Misalnya, Anda dapat meminta pengikut Anda untuk menjawab pertanyaan atau memberikan umpan balik tentang topik tertentu. Anda juga dapat meminta mereka untuk membagikan sesuatu yang mereka sukai tentang buku Anda dengan hashtag

3. Membuat foto atau video tentang buku dengan optimal

Anda bisa memakai kreativitas apa saja dalam membuat foto, video atau konten yang bermanfaat terkait pemasaran dan penjualan buku. Pastikan memakai jasa layout buku murah yang terpercaya agar hasil layout buku benar-benar optimal saat Anda foto atau video, ya!

Sangat penting untuk menggunakan peralatan berkualitas baik dan bahkan lebih baik lagi, fotografer atau videografer profesional. Tata letak buku yang baik akan membantu Anda membuat konten yang bagus untuk media sosial dan situs web Anda.

4. Pasang review pembaca dan selalu upgrade kemampuan menulis

Meski Anda masih pemula, review pembaca merupakan hal krusial yang mendukung karir. Perhatikan kritik dan saran yang membangun, kemudian Anda wajib selalu belajar dan meningkatkan kemampuan menulis dengan baik dan benar. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang penulisan dan tata bahasa dari buku atau situs web. Anda juga harus membaca buku sebanyak mungkin untuk menjadi penulis yang lebih baik. Gunakan pemeriksa ejaan, tata bahasa dan tanda baca. Anda dapat menemukan alat ini di Microsoft Word atau Google Docs. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan apa pun yang Anda buat dalam tulisan Anda.

Kini Anda yang ingin menerbitkan buku lebih cepat dan mudah, bisa menggunakan jasa penerbitan indie. Meskipun demikian, pastikan Anda tetap mengutamakan kualitas tulisan agar bisa memberikan manfaat pada pembaca. Jangan sampai Anda menerbitkan buku asal-asalan hanya karena ingin terlihat beken. Jasa desain cover buku akan membantu Anda menciptakan desain cover novel yang sesuai dengan tema cerita, lho! Segera pertimbangkan menerbitkan karya Anda terbit cetak atau bentuk e-book sesuai keinginan mulai sekarang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *