Konsumsi Buah Penurun Kolesterol Ini untuk Tubuh Lebih Sehat

Kebiasaan konsumsi buah penurun kolesterol ini sangat disarankan demi kesehatan. Seperti diketahui bahwa kolesterol dalam kadar berlebih akan menjadi musuh bagi tubuh. Apabila tidak dikontrol dengan baik, maka kolesterol ini dapat menumpuk dan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar menjaga pola makan dengan baik agar kadar kolesterol selalu stabil.

Read More

Buah untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Salah satu jenis bahan makanan yang bisa menurunkan kolesterol adalah buah. Jenis buah penurun kolesterol pun sangat beragam dan bisa Anda pilih sesuai selera. Buah-buah ini mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh sekaligus efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut adalah beberapa pilihan jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat kolesterol tinggi:

1. Pisang

Pilihan pertama jatuh pada buah pisang. Jenis buah yang satu ini sangat mudah dijumpai dan harganya juga tak begitu mahal. Pisang merupakan jenis buah yang mengandung inulin. Inulin inilah zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin, pisang dapat membuat kadar kolesterol di tubuh Anda jadi lebih stabil dan berbagai penyakit komplikasi dapat terhindari.

Namun pastikan untuk mengonsumsi pisang dalam dosis yang tepat dan jangan berlebihan. Pisang juga sebaiknya dikonsumsi secara langsung tanpa tambahan gula, Seandainya ingin disajikan dalam bentuk jus maka pastikan untuk tidak memberi tambahan pemanis terlalu banyak. Penambahan pemanis yang berlebihan justru akan menimbulkan masalah lain yaitu diabetes.

2. Alpukat

Berikutnya ada buah lezat yang digemari oleh banyak orang yaitu alpukat. Alpukat ini merupakan buah yang cocok digunakan untuk mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh. Terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam buah alpukat. Kandungan ini sangat efektif menjaga jantung tetap sehat dan mampu melawan kolesterol jahat.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral. Di dalamnya juga terdapat senyawa yang akan bekerja efektif dalam menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Sebaiknya rutin konsumsi buah penurun kolesterol ini jika Anda memang punya riwayat kolesterol yang tinggi.

3. Apel

Pilihan buah lain yang juga efektif mengendalikan kolesterol adalah apel. Apel ini memiliki kandungan pektin yang sangat bagus untuk penderita kolesterol. Pektin akan membantu menyerap kolesterol dan lemak jahat yang tertimbun di usus halus. Setelah itu kolesterol dan lemak jahat tersebut akan dibawa keluar melalui feses sehingga tidak tertimbun lagi di dalam tubuh.

4. Berbagai Jenis Berry

Orang yang memiliki masalah kolesterol juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah berry. Jenis buah yang satu ini diyakini sangat efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi berry juga akan membantu meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Salah satu kandungan dalam buah berry diketahui efektif menghentikan organ hati dalam memproduksi kolesterol.

5. Jambu Biji

Satu lagi buah lokal yang juga bekerja efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah yaitu jambu biji. Buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang sangat bagus untuk jantung. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga efektif melawan radikal bebas. Selain itu, jambu biji juga diketahui memiliki kandungan kalium yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengendalikan tekanan darah.

Konsumsi buah penurun kolesterol ini sehingga tubuh bisa jadi lebih sehat dan bugar. Pastikan untuk tetap menjaga pola makan agar kadar kolesterol selalu stabil. Hindari makanan berlemak tinggi dan kurangi konsumsi junk food yang tidak bagus bagi kesehatan. Jangan lupa, sempatkan juga untuk berolahraga demi kesehatan secara menyeluruh.

Sumber:

https://pyfahealth.com/blog/buah-yang-bisa-menurunkan-kolesterol/

https://www.halodoc.com/artikel/5-buah-buahan-untuk-redakan-kolesterol-tinggi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *