Pengertian Peer Lending Syariah dan Jenis Jenis Akadnya

  • Whatsapp

Tahu nggak sih potensi bisnis fintech sekarang juga ada yang berbasis syariah? Ia diyakini sangat berpotensi seiring dengan berkembangnya keuangan syariah dan menjadi pilihan menarik buat kamu para pelaku atau yang akan punya usaha terutama UMKM.

Read More

Keuntungan Peer to Peer (P2P) Lending Syariah dibanding yang biasa adalah adanya kesesuaian dengan prinsip syariah yang penting bagi umat Muslim. Lalu imbal hasil juga akan didapatkan tanpa dikurangi dengan biaya apapun, proses pendanaan mudah dan bisa diurus melalui platform online.

Jenis Jenis Akad Peer to Peer Lending Syariah

Yang paling enak menggunakan peer to peer lending syariah Indonesia ini tidak ada penentuan bunga dari pemberi pinjaman. Semua ditentukan lewat akad yang sudah disepakati oleh pemberi maupun penerima pinjaman, yaitu:

1. Akad Al Qardh

Konsep ini mewajibkan kepada orang yang menerima dana harus mengembalikannya pada waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan agar si peminjam tetap bisa memenuhi kebutuhannya.

2. Akad Wakalah Bil Ujrah

Akad ini menjadikan seseorang bisa memberikan kuasa kepada pihak lain untuk melakukan tindakan atas nama pemberi kuasa atau wakalah, yang nantinya ia bisa mendapatkan imbalan atau ujrah

3. Akad Mudharabah Muqayyadah

Dalam penerapannya ada 2 pihak yaitu pemilik modal dan juga pengelola yang persentase pembagian keuntungannya nanti sudah disepakati sejak awal. Tapi jika ada kerugian, yang menanggung adalah si pemodal.

4. Akad Musyarakah

Mengatur dua pihak atau lebih bisa berpartisipasi dalam melakukan suatu usaha tertentu dengan memberikan modal untuk menjalankan pendanaan bersama. Sementara untung ruginya akan ditanggung bersama sesuai kesepakatan.

Kalo kamu ingin mencoba pendanaan dari p2p lending investasi syariah, kamu bisa ke Amartha yang menyediakan layanan simpan pinjam syariah dengan izin OJK.

Tapi bagaimana pun pendanaan usaha yang paling aman adalah berasal dari hasil investasi diri sendiri. Selain sumbernya sudah pasti jelas, kamu pun bisa mengukur pengeluaran secara leluasa tanpa adanya campur tangan orang lain.

Kelebihan Fintech P2P Lending Syariah

Keunggulan lain dari P2P lending syariah adalah kemudahan dalam bertransaksi khususnya untyk UMKM yang membutuhkan pembiayaan. P2P Lending Syariah dapat menjadi solusi dalam pilihan investasi di P2P lending syariah UMKM karena biasanya tidak mensyaratkan hal yang rumit ketika Anda ingin mengajukan pembiayaan serta dana yang dipinjampun akan cepat cair.

Selain itu, untuk Anda yang ingin berperan menjadi investor di platform P2P Lending juga memiliki keunggulan nih. Selain return yang cepat dan terbilang besar. P2P Lending Syariah juga akan melakukan pengawasan yang ketat agar pihak yang dibiayai lancar menyelesaikan pembiayaan yang telah mereka ajukan dan dapatkan. Ada beberapa perusahaan p2p lending syariah yang bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi.

Salah satu fintech yang memberikan pelayanan peer to peer lending Indonesia terbaik dengan prinsip Syariah adalah Amartha. Prinsip yang digunakan oleh Amartha ini di antaranya adalah tanggung renteng. Sasarannya adalah pengusaha-pengusaha kecil yang sedang membutuhkan pendanaan. Transparansi di dalamnya sangat terjamin dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *