Saat Melahirkan, Sebaiknya Dibantu Dokter Kandungan atau Bidan?

dokter kandungan,dokter kandungan terdekat,spog,spog adalah,dokter spesialis kandungan terdekat,dokter kandungan terdekat dari lokasi saya

Sebagai ibu hamil, Anda barangkali belum bisa memutuskan apakah saat persalinan nanti Anda akan menggunakan layanan dokter kandunganatau bidan. Keduanya tentu saja pilihan yang baik, apalagi bila Anda memilih bidan atau dokter kandungan terbaik Jakarta yang pelayanan sudah tentu terjamin. Untuk membantu pilihan Anda, simak rangkuman penjelasan berikut ini, yuk!

Read More

Perbedaan Dokter Kandungan dengan Bidan

Meskipun berbeda, sebenarnya dokter kandungan maupun bidan sama-sama dilatih agar bisa memberikan perawatan medis, support, serta bimbingan terkait dengan perawatan prenatal (pra-persalinan), persalinan, dan kontrasepsi. Meski begitu, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya, terutama dari segi pelatihan, sertifikasi, serta akreditasi.

Latar belakang pendidikan.

Dokter kandungan merupakan dokter spesialis yang telah selesai menempuh pendidikan sekolah kedokteran umum serta pendidikan spesialis kedokteran kebidanan, kandungan, dan kesehatan sistem reproduksi wanita. Biasanya, dokter kandungan disebut sebagai dokter spesialis obgyn (obstetric and gynecology).

Sementara itu, bidan bukanlah dokter karena tidak menempuh pendidikan sekolah kedokteran. Bidan sendiri adalah tenaga medis terlatih yang sudah menyelesaikan pendidikan kebidanan.

Kewenangan dalam penanganan pasien.

Dokter kandungan punya wewenang menangani kehamilan serta persalinan normal hingga yang berisiko tinggi dan mengalami komplikasi. Di samping itu, dokter kandungan juga punya kualifikasi untuk menjalankan teknik bantuan persalinan, seperti operasi caesar, episiotomi, vakum, dan lainnya, sekaligus tindakan-tindakan medis lainnya termasuk pemberian anestesi epidural maupun obat untuk mengatasi nyeri melahirkan.

Sedangkan bidan hanya berwenang membantu persalinan normal, serta tindakan dalam membantu proses persalinan normal saja. Misal episiotomi. Karena itulah bidan akan merujuk Anda ke dokter kandungan jika ada masalah kehamilan yang ada di luar wewenangnya.

Tindakan dan pemeriksaan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bidan umumnya hanya bisa melakukan pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil dan janin yang kondisinya normal dan sehat. Sedangkan untuk kehamilan yang bermasalah, penanganan perlu dilakukan langsung oleh dokter kandungan.

Secara umum, beberapa jenis pemeriksaan dan tindakan yang dapat dilakukan dokter kandungan adalah:

  • Pemeriksaan untuk memantau kesehatan ibu serta janin, seperti tes darah, tes urin, USG, dan lainnya.
  • Edukasi informasi penting terkait kondisi kehamilan dan kesehatan selama kehamilan.
  • Penanganan keluhan umum yang terjadi selama kehamilan, seperti mulas, cepat lelah, morning sickness, dan sebagainya.
  • Pemberian resep obat dan suplemen kehamilan untuk bantu lengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil maupun mengatasi keluhan yang dialami.
  • Penjelasan dan panduan memilih rencana proses persalinan terbaik sesuai kondisi ibu hamil.
  • Monitoring dan perawatan kondisi ibu hamil serta janin sepanjang periode kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan.

Lokasi dan biaya melahirkan.

Layanan bidan bisa Anda peroleh di rumah sakit, rumah bersalin, maupun rumah ibu hamil. Sementara itu, dokter kandungan biasanya hanya memberikan layanan pemeriksaan kehamilan hingga persalinan di rumah sakit ataupun klinik bersalin. Pasalnya, dokter kandungan juga perly menangani proses persalinan khusus – seperti persalinan lama atau kasus gawat janin – yang butuh perlengkapan serta peralatan khusus.

Adanya perbedaan kompetensi, penanganan, dan fasilitas juga menyebabkan perbedaan dari segi biaya. Karena itu, biaya konsultasi dan persalinan di dokter kandungan lebih mahal dibandingkan di bidan. Apalagi jika Anda memilih dokter kandungan dengan rekomendasi terbaik Jakarta yang memang sudah diakui kompetensinya.

Itu tadi panduan singkat untuk membantu Anda memilih antara bidan dan dokter kandungan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan pasangan dalam membuat keputusan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.