Selain Menggunakan Stroller Bayi Terbaik, Inilah 5 Poin Penting Ketika Mengajak Si Kecil Jalan-Jalan

Memiliki bayi merupakan impian semua pasangan yang telah lama mendambakan kehadiran si kecil ke dunia. Tentu Anda ingin memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk si kecil, termasuk mengenalkannya pada dunia baru. Mengajak si kecil jalan-jalan bisa menjadi hal yang menyenangkan, tetapi Anda harus tahu kiat membawa anak yang masih berusia dini ke luar rumah. Pastikan membawa stroller bayi terbaik sebagai perlengkapan penting saat jalan bersama anak, misalnya jalan kaki keliling kompleks, belanja di mall hingga traveling.

Read More

Poin Penting Mengajak Bayi Jalan-jalan

Bayi yang masih berusia di bawah satu bulan tidak boleh diajak ke luar rumah. Pasalnya, usia yang terlalu dini membuat bayi rentan mengalami penularan kuman dan bakteri sehingga terinfeksi penyakit tertentu. Batas usia paling aman si kecil boleh diajak ke luar rumah adalah satu bulan dengan catatan berat badan sekitar 4 kilogram. Meskipun demikian, para ahli menyarankan bayi boleh diajak bepergian jarak jauh bila sudah berusia 3-6 bulan, ya! Yuk, simak poin penting dalam mengajak bayi jalan-jalan dilansir dari Alodokter berikut!

1. Memilih moda transportasi

Anda ingin mengajak bayi jalan-jalan ke mall, maka pertimbangkan pilihan transportasi menuju ke lokasi. Ada baiknya memakai kendaraan pribadi yang lebih nyaman dibandingkan dengan transportasi umum. Anda harus hati-hati membawa bayi dalam transportasi umum agar tidak berdesakan, bayi tergencet dan risiko buruk lainnya.

2. Membuat jadwal perjalanan yang baik

Buat jadwal perjalanan yang lebih fleksibel, misalnya Anda membuat agenda bayi bisa diajak jalan-jalan bersama keluarga saja. Hindari membawa bayi bersama rombongan yang membuat agenda agak padat atau Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi bayi yang mungkin rewel atau tidak bisa diajak pergi hari tersebut.

3. Membawa perlengkapan bayi

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan bayi dengan persiapan yang matang. Anda harus membawa dot, pompa ASI, popok, tisu, obat-obatan, dan lain-lain. Bila bepergian untuk jalan-jalan yang lebih nyaman, usahakan membawa stroller bayi terbaik. Anda bisa menikmati perjalanan atau liburan bareng keluarga tanpa si kecil rewel atau menangis.

4. Menciptakan kondisi yang nyaman

Ciptakan kondisi anak yang lebih nyaman dengan membawa mainan atau benda favorit anak. Meskipun bayi berusia 3-6 bulan, bayi sudah bisa diajak komunikasi sehingga Anda perlu menenangkan bayi dengan mainan kesukaannya.

5. Membawa teman bepergian

Perjalanan jarak jauh membutuhkan stamina yang bagus sehingga Anda tidak boleh pergi sendirian. Bahkan Anda yang hanya ingin mengajak bayi bepergian ke mall atau bertemu teman di kafe atau tempat lain, harus tetap membawa teman bepergian yang bisa diajak mengasuh si kecil bergantian. Hal ini sangat penting guna menghindari risiko Anda capek atau kelelahan menjaga bayi.

Anda bisa mengajak salah satu anggota keluarga, suami atau baby sitter yang bisa mengasuh bayi selama bepergian. Bila pergi jauh atau pulang kampung bersama bayi, usahakan untuk menyiapkan segala persiapan bepergian jauh-jauh hari. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui kondisi bayi memang siap diajak bepergian, ya!

Mengajak bayi jalan-jalan merupakan kegiatan yang menyenangkan, tetapi Anda harus mampu menciptakan kondisi yang nyaman. Bila bayi tidak menikmati perjalanan, ia bisa menjadi rewel atau menangis sepanjang hari. Stroller bayi terbaik wajib ikut dalam daftar barang yang harus Anda bawa sebelum merencanakan liburan atau bepergian bersama si kecil. Jangan lupa untuk memastikan konsumsi ASI si kecil terpenuhi agar ia tetap sehat selama diajak jalan-jalan, ya!

Sumber

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628313/batas-usia-aman-bagi-bayi-untuk-dibawa-bepergian

https://www.alodokter.com/ini-yang-harus-dilakukan-agar-perjalanan-dengan-bayi-tetap-nyaman

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *